Fasilitas Mail Merge MS Word


Selain menggunakan fasilitas Envelope yang telah tersedia, Anda juga bisa menampilkan alamat tujuan dengan fasilitas mail merge MS Word atau penerima surat menggunakan fasilitas mail merge. Adapun caranya sebagai berikut:
1.    Mulailah dengan mengklik ikon Start Mail Merge kemudian pilih opsi Step by Step Mail Merge Wizard.
2.    Sesaat kemudian muncul wizard Mail Marge dalam bentuk mirip dengan panel atau sidebar, pilihlah tipe dokumen Envelopes lantas klik link Next: Starting document.
3.    Berikutnya pada bagian Select starting document, aktifkan opsi Use the current document dilanjutkan dengan mengklik link Next: Select recipients.
4.    Pada tahap ketiga, pilih opsi Use an existing list yang terdapat di bagian Select recipients. Setelah itu klik Browse untuk memilih alamat tujuan.
5.    Selanjutnya Anda dihadapkan pada kotak dialog Select Data Source, seleksilah file daftar alamat yang telah Anda buat sebelumnya lalu tekan tombol Open.
6.    Dalam hitungan detik, daftar alamat dari mitra bisnis Anda langsung terbuka, pilihlah mitra bisnis yang akan Anda beri surat, sesudah itu tekan tombol OK.
Langkah berikutnya klik link Next: Complete the merge dan Anda akan sampai pada halaman terakhir dari proses mail merge. Terakhir tutuplah wizard Mail Merge dan Anda bisa langsung melihat tampilan nama dan alamat tujuan pada amplop Anda. Dengan begitu, selesailah pembahasan mengenai fasilitas mail merge MS Word.