Penomoran Halaman MS Word

Penomoran halaman pada dokumen atau naskah sudah merupakan hal yang umum dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi jumlah halaman atau lembar naskah yang sedang dibaca. Selain itu, keterkaitan antara isi naskah pada setiap lembar dokumen dapat dengan mudah diketahui. Fasilitas pengaturan nomor halaman pada aplikasi pengolah teks seperti MS Word 2007 dapat Anda temukan di bagian Header & Footer dalam tab Insert yang ditandai dengan ikon Page Number
Untuk membantu pemahaman Anda tentang pembahasan dalam subsubbab ini, berikut pemaparan yang dapat kami sajikan untuk Anda.

Pengaturan Format Nomor Halaman

Memulai tahapan subsubbab penomoran halaman ini, pertama-tama akan kami paparkan cara pengaturan format nomor halaman. Langkah-langkahnya seperti berikut:

1.    Pastikan Anda sudah mengaktifkan tab Insert pada ribbon.

2.    Beralih ke bagian Header & Footer, klik ikon Page Number H lalu pilihlah opsi Format Page Numbers.
Opsi-opsi pengaturan lebih lanjut dapat Anda lihat dengan mengklik ikon tersebut yang secara otomatis akan menampilkan menu drop-down seperti tampak pada ilustrasi di bawah ini.
Dalam menu drop-down yang dimunculkan dari ikon Page Number :A terbagi atas dua bagian. Bagian pertama berisi opsi-opsi serta template nomor halaman berdasarkan posisinya pada lembar kerja, sedangkan bagian kedua berisi opsi pengaturan. Fungsi serta kegunaan masing-masing opsi tersebut kami paparkan di bawah ini:

K Top of Page, berfungsi untuk meletakkan nomor halaman pada sisi atas lembar kerja.

■    Bottom of Page, berfungsi untuk meletakkan nomor halaman pada sisi bawah lembar kerja.

■    Page Margins, berfungsi untuk meletakkan nomor halaman pada margin lembar kerja.

■    Current Position, berfungsi untuk meletakkan nomor halaman berdasarkan letak kursor berada.

■    Format Page Numbers, berfungsi untuk mengatur dan mengubah penulisan atau format angka penomoran halaman melalui kotak dialog Page Number Format.

■    Remove Page Numbers, berfungsi untuk menghilangkan nomor halaman dari lembar kerja.

Menambahkan Nomor Halaman

Melanjutkan dari apa yang sudah Anda pelajari sebelumnya, berikut ini akan dipaparkan secara singkat tentang teknik menambahkan sekaligus menampilkan nomor halaman pada lembar kerja.

Langsung saja simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Setelah mengaktifkan tab Insert di panel Ribbon, klik ikon Page Number ii diikuti dengan memilih salah satu opsi sesuai dengan letak nomor halaman yang Anda inginkan di lembar kerja. Ilustrasi berikut menunjukkan bahwa kami memilih opsi Bottom of Page dengan mengaktifkan template Triangle 2. Dengan begitu kaitannya dengan Penomoran Halaman MS