Membuat surat

Membuat surat
Membuat surat
Membuat surat berarti membuat sarana komunikasi. Yang bertujuan untuk menyampaikan informasi secara tertulis  oleh satu pihak dengan pihak yang lain, dengan fungsi tambahannya yakni sebagai sarana pemberitahuan, sarana permintaan, gagasan, hasil pikiran, alat pengingat, alat bukti tertulis, bukti historis, dan juga pedoman kerja.  Pada umumnya, surat sendiri tentu sangat erat hubungannya dengan perangko dan juga amplop yang menjadi alat ganti bayar dari sebuah jasa pengiriman. Jika semakin jauh daerah tujuan pengiriman surat, maka nilai yang tercantum di perangko surat harus semakin besar juga.
Jenis surat sendiri di bedakan menjadi 3, karena di tinjau dari segi bentuk, isi serta penggunaan bahasanya. Yaitu surat pribadi, surat dinas, dan juga surat niaga. Dan cirri serta bagian yang ada di dalamnya tentu juga berbeda satu sama yang lainnya. Kalau untuk surat pribadi, ialah surat yang di gunakan untuk kepentingan pribadi. Yang bisa dengan bentuk korespondensi antar kenalan, teman, sahabat, atau keluarga. Untuk ciiri-ciri dari brntuk surat pribadi ialah, tidak adanya penggunaan kop surat. Lalu tidak ada juga nomor surat. Salam pembuka dan juga salam penutupnya sangat bervariasi. Dan penggunaan bahasanya pun juga bebas. Berikut juga untuk formatnya. Nah, untuk membuat surat pribadi ini sendiri, juga tidak perlu adanya pemikiran yang berbasis manajemen, melainkan hanyalah sebuah tulisan ungkapan akan maksud dari satu orang ke orang lain yang bersifat non dinas.
Masing-masing mempunyai format surat dan bentuk surat sendiri-sendiri. Surat pribadi boleh dibilang surat yang bebas entah dalam hal bentuk maupun dalam hal format serta style. Tidak ada aturan baku dalam surat pribadi ini. Sedangkan pada surat dinas dan surat niaga ada sistematika tertentu mengingat kedua jenis surat ini perlu untuk di arsipkan. Dengan format yang standar, tentu akan lebih mudah dalam pengarsipan surat ini. Selamat membuat surat.