Surat lamaran pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan ialah suatu bentuk surat, baik dengan penulisan dari tangan di lembar kertas atau juga dengan menggunakan kertas elektronik yang di buat oleh seseorang yang sedang mencari suatu pekerjaan, guna mengisi lowongan kerja yang telah di tawarkan oleh pihak lain, baik perorangan, instansi umum atau pemerintahan, sampai sebuah perusahaan. Dan tentunya berlaku bagi orang yang belum bekerja maupun yang sudah berpengalaman kerja sebelumnya.
Saat pembuatan surat lamaran pekerjaan, tentunya juga ada hal yang harus tetap di perhatikan. Sehingga format penulisannya juga benar. Yang pertama yakni tempat dan juga tanggal dari pembuatan surat, lalu perihal surat. Di lanjut dengan eksmplar surat, kemudian isi surat terdiri dari bagian pembuka, isi, dan penutup. Baru keterangan pelamar atau si pembuat surat.
Karena surat lamaran pekerjaan juga bisa di buat melalui tulisan tangan, dan hal itu bisa di lakukan di sebuah kertas folio bergaris. Tetapi sebaiknya tidak jika di halaman bolak-balik. Selain itu juga bisa dengan pengetikan, dengan menggunakan kertas berkualitas baik juga seperti HVS dan cara baris 1,5 spasi. Dan jangan lupa juga, terkadang ada juga instansi khususnya pemerintahan yang menghendaki adanya bubuhan materai pada bagian kolom tanda tangan. Selebihnya, gunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku saat pembuatan surat lamaran pekerjaan.