Surat proposal

Surat proposal yaitu, surat yang berisikan tentang rencana kerja yang di susun secara sistematis dan juga terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal. Ada juga pengertian lainnya, yakni sebuah surat yang berisikan suatu usulan kegiatan yang memerluan adanya dukungan atau juga persetujuan dari pihak lain. Dan di bentuk untuk menampilkan sebuah rancangan kegiatan yang di buat dalam bentuk formal dan juga standart.
Namun surat proposal sendiri juga ada beberapa jenis. Yakni proposal penelitian yang sering di gunakan dalam dunia ilmiah atau dunia pendidikan. Yang banyak di buat oleh para siswa/i bahkan mahasiswa/i. Dan untuk penggunaan proposal penelitian juga ada aturan atau standar tertentu seperti penggunaan tatanan bahasa, penggunaan tanda baca, kutipan, dan juga yang lainnya.
Dan untuk yang akan kita bahas kali ini adalah surat proposal umum. Yang sering di gunakan sebagai suatu bentuk usulan atau rancangan kegiatan yang sudah di sebutkan pada pengertian di atas. Karena penggunaanya bertujuan untuk umum, maka penggunaan bahasanya pun juga bisa lebih lentur. Dan penggunaan penulisannya pun juga tidak terkesan kaku seperti halnya pada proposal penelitian. Hal-hal yang perlu di muat dalam pembuatan surat proposal ialah, nama dari proposal tersebut, pendahuluan, tujuan pembuatan proposal tersebut, bentuk dan juga jenis kegiatan, pelaksanaan, keterangan pendukung acara atau panitia pelaksanaan acara, biaya atau dana untuk penyelenggaraan acara, harapan dari terselenggaranya acara, dan lampiran lainnya, yang tercantum di surat proposal.