Surat pernyataan

Surat pernyataan
Surat pernyataan
Surat pernyataan ialah sebuah surat pengakuan yang di buat oleh seseorang yang berisikan pernyataan dirinya atau menerangkan orang lain bahwa orang tersebut pernah atau tidak pernah melakukan sesuatu. Atau juga bisa di artikan dengan sebuah surat yang berisikan pernyataan tertulis yang mengemukakan kesanggupan atau kesediaan seseorang atau kelompok untuk menanggung segala resiko yang berkaitan dengannya.
Untuk surat pernyataan yang menyangkut aspek hukum, harus di tulis di sebuah kertas segel atau juga kertas biasa namun di beri materai. Karena melalui hal itu, berarti surat pernyataan tersebut di buat oleh orang yang memang sudah dewasa, yang juga mengerti aturan hukum. Kalau untuk keperluan sehari-hari, surat pernyataan di buat untuk kepentingan perlengkapan surat lamaran pekerjaan.  Namun kalau untuk urusan dinas, biasanya surat pernyataan lebih sering di gunakan oleh pimpinan yang menerangkan akan bentuk, fungsi, dan juga aturan akan proses kinerja perusahaan kepada para anak buah atau bawahannya.
Selain itu, surat pernyataan juga sering di gunakan para instansi atau lembaga saat mencari karyawan baru.  Para calon karyawan atau pegawai di minta untuk membuat surat pernyataan akan kesanggupan menuruti segala peraturan lembaga, atau juga keterangan tidak memakai narkoba atau obat terlarang lainnya. Bahkan ada juga yang meminta untuk para pegawai tidak menikah selama masa training kerja pada lembaga tersebut.