|
Surat masuk |
Surat masuk, yaitu surat yang di terima oleh suatu organisasi. Baik dari suatu
organisasi
umum atau juga perorangan yang bersifat kedinasan. Dan untuk
penanganannya juga terdapat prosedur yang akhirnya menimbulkan
kegiatan-kegiatan penunjanganya. Seperti penerimaan surat, yaitu semua
surat masuk
di terima lalu di kumpulkan pada suatu petugas tertentu untuk di teliti
kebenaran alamat dari organisasi yang bersangkutan, dan di beri tanggal
sesuai dengan tanggal penerimaannya. Lalu persortiran surat,
surat yang telah do beri
keterangan
tanggal penerimaan di sortir berdasarkan tujuannya. Kemudian yang
terakhir pembukaan surat, yaitu kegiatan setelah surat di sortir, lalu
di buka untuk melakukan pengecekan kelengkapan yang ada apakah sesuai
atau tidak.
Namun tidak semua surat bisa langsung di buka begitu saja. Karena tentu
ada beberapa surat yang tidak boleh di buka secara langsung oleh
sebagian petugas. Melainkan hanya orang yang di tuju saja yang mempunyai
hak untuk mmebuka surat tersebut, karena berarti surat tersebut
bersifat pribadi atau private. Cara membedakannya juga tidaklah sulit.
Anda tinggal mengecek tulisan pada amplop beserta alamatnya pada
surat masuk. Kalau memang ada surat yang bersifat seperti tadi, tentu akan ada keterangan semacam tulisan rahasia.
Dan untuk surat pribadi, dapat di lihat dari penulisan alamatnya.
Umumnya hanya di tulis nama orang yang di maksud tanpa menggunakan
status jabatannya. Jadi demikian tadi
informasi mengenai
surat masuk.