Surat yasin

Surat yasin sering kali dibaca oleh para umat muslim di mana pun dirinya berada. Bahkan tak jarang bacaan surat yasin di gunakan sebagai ritual yang sangat biasa di lakukan oleh banyak umat muslim di berbagai kesempatan. Dan bahkan ritual tersebut ditengarai membawa manfaat yang cukup besar bagi jalannya kehidupan. Sebagai contoh yang mungkin sering anda lihat dan rasakan juga, yakni setiap kali ada acara tahlilan, pasti surat yasin sangat sering untuk di bacakan para tamu yang hadir pada acara tahlilan tersebut.
Surat yasin sendiri merupakan salah satu surat  yang ada di dalam kitab suci Al-Qur’an, yang di wahyukan dari Allah SWT kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang diturunkan di kota Makkah. Surat dengan urutan ke 36 dalam Al-Qur’an ini terdiri dari 83 ayat. Karena di turunkan di kota Makkah, maka surat yasin di masukkan dalam kategori surat makkiyah. Untuk ayat 1 sampai dengan ayat 21, termasuk juz ke 21, sementara untuk ayat ke 22 sampai dengan ayat ke 83 masuk dalam juz ke 22.
Seperti halnya surat yang lainnya, surat yasin juga mempunyai keutamaan. Keutamaan dan juga manfaat dari surat yasin ini memang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia seperti, penunjukan akan keimanan dari seorang muslim. Yang di tandai dengan keyakinan bahwa ada hari kebangkitan setelah terjadinya hari kiamat kelak. Dan karena keyakinan itulah, yang membuat para manusia untuk tidak memetingkan hal duniawi saja. Lalu surat yasin juga menyebutkan tentang adanya para utusan Nabi Isa yang menemui penduduk Anthakiyah. Dan yang terakhir, di dalam surat yasin juga menegaskan akan hal yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan para manusia di dunia. Yaitu mengenai kemusyrikan, mengenai penciptaan makhluk yang berpasang-pasangan, mengenai bintang yang berada pada garis edarnya, mengenai ajal, dan juga mengenai kebenaran akan hari akhir atau hari kiamat. Semuanya di rangkum menjadi satu di dalam surat yasin.