Surat lamaran

Surat lamaran sebenarnya sama dengan surat permohonan. Namun pada umumnya, surat lamaran yang paling sering di gunakan adalah untuk keperluan pekerjaan. Lebih tepatnya untuk proses pencarian pekerjaan itu sendiri.
Surat lamaran pekerjaan, ialah sebuah surat dari seseorang yang sedang mencari suatu pekerjaan (pelamar) kepada orang atau pejabat yang bias member suatu jabatan pekerjaan. Melalui surat tersebut, pihak pelamar eminta agar dirinya bisa segera di beri pekerjaan. Dan didalamnya berisikan tentang informasi terkait pribadi dari pihak pelamar, dengan tujuan agar orang atau para pejabat yang ada di tempat yang hendak di beri surat tersebut bisa mengetahui lebih jelas mengenai pelamar. Entah itu dari biodata lengkapnya, sampai keterangan pengalaman di hidupnya.
Surat lamaran pekerjaan, di bedakan menjadi 2 cara. Untuk cara yang pertama, surat lamaran yang langsung di gabungkan dengan curriculum vitae. Dalam model yang ini,    riwayat hidup termasuk kategori isi surat. Karena isinya berua gabungan. Dan untuk cara yang kedua, yaitu surat lamaran yang di pisahkan dengan riwayat hidup. Dalam model yang ini, riwayat hidup merupakan lampiran terpisah. Maka dari itu, di namakan model terpisah. Dan model ini juga yang paling sering di gunakan oleh banyak orang yang hendak melamar pekerjaan di suatu tempat. Meskipun dengan kesan dua kali kerja, melainkan isi surat yang tidak terlalu panjang dan rumit.